Aplikasi Wajib di Windows 8

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas Jenis-Jenis Sistem Operasi Microsoft Windows. Kali ini kita akan membahas tentang Software Yang Wajib Ada di Windows.

Apa itu Software? Software adalah sebuah aplikasi / program yang dibuat untuk membantu para user untuk mengkonfigurasi dan mengoptimalkan kinerja Sistem Operasi. Jadi Software sangat membantu sekali dalam membantu aktivitas user dan juga mengoptimalkan kinerja Laptop / PC dan juga sistem Operasi kita.

Kita mulai dari:
  • Antivirus
Antivirus adalah program yang didesain khusus untuk menangani berbagai macam virus yang akan menyerang masuk ke dalam Sistem Operasi kita. Fungsi antivirus yaitu men-scan, me-repair dan menghapus virus yang dianggap membahayakan file-file yang terinfeksi. Banyak antivirus bertebaran di inernet, dan salah satu yang saya pakai adalah Avira, selain bersifat Freeware (gratis), dan ada Firewall tambahan, Avira juga handal dalam menangani virus yang masuk. Pilihlah antivirus yang mempunyai deteksi virus yang handal. Dan juga selalu rutin untuk melakukan update dan meng-upgrade program antivirus.
  • Cleaner

Untuk masalah ini, kita perlu menginstal software cleaner untuk membersihkan sampah-sampah file yang berada di Sistem Operasi kita. Selain bersih-bersih fungsi software cleaner ini juga bisa memperbaiki registry-registry Sistem Operasi. Salah satu Software Cleaner terbaik adalah CCleaner. CCleaner ini menurut saya yang paling ampuh dalam hal bersih-bersih. Software ini bersifat Freeware dan bisa digunakan oleh siapapun, namun ada juga versi berbayar dengan fitur yang lebih baik dari versi Freeware.
  • Burning (.iso)

Untuk urusan ini, saya mempercayakan Daemon Tools. Selain berfungsi untuk burning file image .iso, juga dapat membuat file image .iso dengan mudah.
  • Multimedia
    • Winamp
Untuk soal mendengarkan musik, saya menggunakan Winamp. Walaupun pihak Winamp sudah memberhentikan layanan online nya, namun Winamp masih banyak digunakan oleh banyak user.  
    • KMPlayer

Untuk urusan menonton film-film HD ataupun versi Cam, saya menggunakan KMPlayer. KMPlayer menurut saya yang paling bagus diantara yang lainnya.
  • Browser 
    • Chrome
Untuk yang satu ini, saya menggunakan Chrome untuk menjelajahi web-web favorit. Mengapa Chrome? Karena Chrome lebih responsive, walaupun penggunaan memory sangat besar dibandingkan dengan yang lain. Selain chrome saya juga memakai Firefox, tapi untuk opsional saja jika bosan menggunakan Chrome.
  • Pengolah Data
    • Microsoft Office
Ini dia software pengolah data yang paling wajib harus ada di Windows, yaitu Microsoft Office. Yang paling terbaru adalah versi 2013 yang semakin bagus dari segi tampilan interface, dan sangat memudahkan bagi user yang ingin mengoperasikannya. Karena license default nya adalah 30 hari, jadi supaya bisa full activated kita bisa menggunakan aktivasi menggunakan Skype seperti pada postingan sebelumnya.

Oke itu dia tadi mengenai Software yang wajib ada di Windows. Tidak semuanya harus terinstall di dalam sistem, tetapi yang sesuai dengan kebutuhan kita saja. Sekian dan Terima Kasih.
Previous
Next Post »